Friday, March 27, 2009

setuju/tidak, enterprenuer,kurang dlm pengetahuan ilmiah?

setuju atau tidak...,
seorang enterprenuer..,kurang dalam pengetahuan ilmiah/ tidak terlalu menyukain pendidikan formal..,tp lebih menyukai pengalaman dari kehidupan sesorang yg sdh terjadi n lebih menyukai kebebasan berfikir yang terkadang tdk sesuai dgn teori yg ada...,dan biasanya dlm dunia pendidikan..,seorang enterprenur..,mempunyai hasil nilai yang cukup(standar) bahkan terkadang dibawah standar..

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

entrepreneur yang berhasil , salah satunya mereka sangat baik dalam mengelola sumber daya yang mereka miliki dengan sangat efisien (menggunakan sumber daya yang ada seminim/sedikit mungkin untuk hasil sebanyak mungkin) dan efektif
(segala macam tindakan yang mendekatkan dengan tujuan akhir).

keahlian lainnya mereka juga sangat ahli dalam menggunakan& mengelola OPM (other people money) & OPB (Other people Brain) untuk bisa mendapatkan tujuan mereka.

trus apakah mereka menyukai pendidikan formal atau tidak, pada beberapa kasus memang ada entrepreneur yang tidak memiliki pendidikan formal tapi berhasil dan tidak sedikit juga yang ternyata gagal dalam kenyataannya.

menurut saya pengetahuan/pendidikan itu akan bisa menjadi satu kekuatan, bila kita bisa mengorganisasikan, mengarahkan dan memanfaatkannya menjadi sebuah ide yang bisa diaplikasikan pada dunia nyata.

dalam pengertian lain, yang terpenting bukan seberapa banyak pengetahuan yang kita tahu tapi seberapa baik pengetahuan tersebut bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan.
selain itu pendidikan yang semakin baik akan membentuk dan mengasah cara berfikir seseorang sehingga ia bisa membuat satu keputusan strategis yang baik untuk dirinya dan juga bisnisnya.

saya juga sangat sepakat ada yang bilang biar kemungkinan berhasilnya lebih besar maka kita harus menjadi seorang profesional dulu baru kemudian menjadi seorang entrepreneur.
logikanya seorang yang sukses dan cakap mengelola keuangan perusahaan (disebut juga intrapreneur) dan membantu perusahaan meningkatkan labanya , maka kemungkinan ia untuk berhasil mengelola bisnisnya sendiri (entrepreneur) akan juga lebih besar lagi

Bill gates pernah bilang pendidikan tidak penting, namun kemudian belum lama dia merevisi statementnya tersebut bahwa pendidikan sangat penting saat ini karena hal tersebut memberikan kita tools & strategy dasar yang setiap orang butuhkan untuk bisa berhasil dalam hidup.

selain itu investor terbaik saat ini warren buffet, dari buku dan sumber lainnya saya juga nemuin kalo dia juga merupakan penggemar berat pendidikan dan dia sampai ngambil master degree (s2) buat pendidikannya, dan itu juga salah satu kunci keberhasilan dia membangun bisnis dan juga yang membuat dia berhasil dalam karirnya sebagai investor.

dari referensi-refernsi lainnya salah satu entrepreneur tersukses yaitu donald trumph juga lulusan universitas ternama dan dia juga penggemar berat pendidikan. berikut cuplikan dari wikipedia.

Pendidikan donald trumph

Saat berusia 13 tahun, orang tuanya mengirim ke sekolah militer New York dengan harapan energinya tersalurkan secara langsung dan dia bisa menjadi orang yang tegas yang selalu berbicara dengan baik.

Pada saat kuliah Trump menjadi pekerja honorer di kampusnya NYMA (New York Military Academy).

Pada tahun 1962, Trump bergabung dengan regu sepak bola, kemudian pada tahun 1962 sampai 1964 dia masuk ke team bisbol dan menjadi kaptennya. Trump pernah mendapat penghargaan Coachs Award tahun 1964 dan pernah dipromosikan menjadi Kapten Taruna Militer S4 (Cadet Battalion Logistics Officer).

Trump kuliah di Fordhan University selama dua tahun sebelum dipindahkan ke Wharton School di University of Pennsylvania. Setelah kuliah tahun 1968 pada jurusan ekonomi dengan konsentrasi dibidang keuangan, ia bergabung di perusahaan penjualan rumah mewah milik ayahnya. Saat itu statusnya masih lajang.


semoga bermanfaat
To your succes,



donyputra

No comments:

Post a Comment