apa sih perbedaannya antara Marketing, sales dan juga Promotion ?
---------------------
sedikit sharing ilmu yah mengenai pemahaman tentang apa itu marketing, sales, advertising juga promotion
----------------------------------------------------------------------------------------
You can have the best little business ever with wonderful potential, but if you can't market it, you don't have a business at all.
Learn how to market yourself, because you are your business. Don't confuse the terms "marketing," "advertising," and "promotion." These terms carry a different tune every time.
Marketing means informing your potential clients about your products or service, and finding ways to establish and keep a customer base. Your target market is the specific group of people that consume your product or utilize your service.
Advertising refers to the various media used to convey your message. Printed advertisement, radio air time, television commercials and the Internet are all part of advertising that convey your business message to the public.
Promotion refers to the various methods by which you convey your message to customers. When you communicate with the public, you're promoting your business. Many people will join business associations, or set up displays in malls and craft shows for promotional purposes.
Many people feel lost and uncomfortable with marketing and promotion. However, the longer you research your market, your product and your competition, the more comfortable you will become in marketing and promoting your products and or service. It takes time to learn what works for your business. You will constantly need to effectively find new methods because the old methods will stop working.
Be the very best you can be by working on your personal skills, and successful marketing and promotion will ultimately follow.
---------------------------------------------------------------------------------
dalam pengertian yang sangat sederhana marketing adalah cara jualan,
yang tujuannya tentu saja memperoleh sales/ revenue sebanyak mungkin, secepat mungkin dan juga sesering mungkin.
nah salah satu toolsnya kita bisa menggunakan : Sales Force / tenaga penjualan yang sering kali diindonesia disebut dengan sales saja..
tools lainnya yaitu advertising juga promotion, dan masih banyak lagi tools lainnya..
dan tentu saja agar efektifitasnya seperti yang diharapkan, penerapan tools tersebut harus didukung dengan strategy yang juga efektif
selain itu juga Salah satu inti ilmu marketing adalah kita harus bisa mengidentifikasi / mempelajari kebutuhan dan keinginan orang lain atau target market kita, setelah itu kita harus bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan bukan hanya memenuhi kebutuhannya kita juga harus bisa menambahkan satu nilai tambah yang berarti bagi orang tersebut.
Bagaimana kita memenuhi kebutuhan target market kita tentunya dengan memberikan suatu produk dan jasa baik yang terlihat maupun tidak terlihat (tangible and intangible product) yang bisa membuat target market kita tersebut terpenuhi kebutuhannya, selain itu target market kita tersebut juga harus merasa puas dengan produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut.
hal lainnya juga yang harus benar-benar kita pahami marketing tidak terbatas hanya untuk perusahaan saja, namun juga untuk diri kita sendiri.
Artinya selama kita hidup ,bekerja, berbisnis ataupun berinvestasi kita akan selalu berhubungan dengan orang-orang sekitar kita, sehingga kita harus bisa melihat diri kita sebagai bisnis kita pribadi. Dimana bisinis tersebut menghasilkan produk-produk yang harus memiliki nilai tambah bagi orang-orang ataupun target market nya . Sehingga setiap nilai tambah yang kita hasilkan haruslah bermanfaat atau bisa memberikan kepuasan bagi sekitar dan juga target market kita.
bagaimana cara kita memuaskan target market atau konsumen kita bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. selain itu kita juga harus sebisa mungkin bersikap baik dan jujur . Karena selain berguna untuk membangun kepercayaan / kredibilitas, kita juga harus membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.
dan bila kita bisa memenuhi kebutuhan, bersikap baik dan jujur kepada target market/konsumen kita, maka dengan cara tersebut selain akan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka dan juga disaat yang bersamaan kita akan mendapatkan keuntungan yang besar dan berkelanjutan secara finansial dari hubungan yang positif tersebut.
question :
Bisa dibilang ngak seperti ini:
MARKETING covers:
1. Promotion: advertising
2. Public Relation
3. Sales
Answer :yak betul sekali
1. Promotion: advertising
2. Public Relation
3. Sales
adalah tools dari marketing, dan masih banyak lagi tools lainnya, seperti Booth, seminar, Referral,press release, direct mail dst....
dan ada strategi-strategi khusus agar setiap tools yang kita gunakan bisa memberikan hasil yang optimal
dan dalam pengertian saya dan dari sumber-sumber yang sudah saya pelajari; advertising dan promotion diipisah
advertising itu mudahnya adalah aktivitas Above the line ( Tv ad, Radio Ad, Baliho, billboard, spanduk, dst) intinya above the line itu segala macam marketing campaign yang tidak bertemu langsung dengan penjual.
sedangkan promotion sifatnya bellow the line / segala macam marketing campaign yang bertemu langsung dengan penjual. misal memabut event-event pembagian sample dst..
semoga cukup menjelaskan
thanks for your time .semoga bermanfaat
To your succes,
donyputra
No comments:
Post a Comment